tips pasang plafon terlihat tinggi

Langit-langit atau plafon yang tinggi memberikan kesan tidak sumpek karena sirkulasi udara yang terjaga dan luasnya ruangan. Tapi ada daya, saat ini jarang ditemukan rumah kopel dengan langit-langit yang tinggi. Bagaimana tips agar langit-langit terlihat tinggi?

Ada tiga elemen yang dapat dimanipulasi agar ruangan terkesan memiliki langit-langit yang tinggi: elemen atap, pewarnaan, dan manipulasi penataan furnitur.
Manipulasi elemen atap dapat dilakukan dengan membiarkannya terbuka tanpa eternit atau langit-langit. Itu pun dengan catatan Anda tipe orang yang menyukai tampilan industrial sehingga tidak masalah melihat instalasi kabel listrik yang terpasang di atap. Untuk pemasangan lampu di atap, pasanglah lampu yang tidak menggantung, melainkan tertancap di langit-langit.
Manipulasi pewarnaan pada dinding dapat dilakukan dengan mengecat dinding dengan garis vertikal. Selain itu, atap pun dapat diwarnai dengan warna metalik atauglossy, sehingga dapat memantulkan obyek di bawahnya.
Sedangkan, manipulasi pada penataan furnitur dapat dilakukan dengan memilih furnitur yang rendah, sehingga masih menyisakan ruang luas di atasnya. Selanjutnya, jika Anda memiliki hiasan dinding seperti lukisan, pilihlah lukisan dengan posisi vertikal.
Langit-langit rumah yang rendah memang memiliki banyak kekurangan. Selain membuat hawa di dalam ruangan lebih gerah, ruangan juga terasa lebih sempit. 
Untuk membuat ruangan terasa lebih tinggi dan lapang, ada sembilan trik yang dapat Anda lakukan di rumah:
1. Cat langit-langit dengan warna putih
Warna putih di langit-langit memantulkan cahaya sehingga menciptakan efek tinggi dan luas.  
2. Warna yang lebih cerah
Putih tidak selalu jadi warna ideal buat setiap ruangan. Jangan selalu memakai warna putih jika Anda bisamemilih warna lain. Pilihlah warna-warna sejuk, terutama warna pastel. Hal terpenting adalah warna langit-langit yang dipilih harus lebih cerah dari warna dinding.
3. Gunakan garis vertikal 
Membuat langit-langit terasa lebih tinggi dapat dilakukan dengan garis-garis vertikal di dinding—baik dengan mengecat dinding atau memasang wallpaper bergaris.
4. Hindari aksesori di langit-langit 
Langit-langit yang rendah sebaiknya dibuat polos. Pemakaian banyak aksesori—seperti kipas atau lampu—akan membuat langit-langit terasa lebih dekat.
5. Pencahayaan 
Sebaiknya pencahayaan ruangan diletakkan di dinding, bukan di langit-langit. Hindari penggunaan lampu sorot, karena distribusi cahayanya tidak merata dan membuat langit-langit tampak lebih rendah.
6. Gorden panjang
Gantunglah tirai panjang setinggi mungkin, jika mungkin dari langit-langit hingga lantai. Hal ini akan menciptakan efek tinggi pada dinding.
7. Menggantung lukisan lebih tinggi 
Ini trik tipuan mata yang dapat memberikan kesan dinding lebih tinggi. Sebaiknya gantung bingkai foto ataulukisan lebih tinggi dari pandangan horisontal mata.
8. Gunakan cermin besar
Tutup sebagian besar dinding dengan cermin besar. Selain membuat ruangan terasa lebih luas, efek cerminakan membuat langit-langit tampak lebih tinggi.
9. Cat dinding dengan gradasi warna
Dinding bisa dicat dengan teknik “faux finish”. Buat bagian bawah dinding lebih gelap dari bagian atas. Gradasi warna ini akan menciptakan efek visual lebih luas.
Selamat mencoba!
tips pasang plafon terlihat tinggi tips pasang plafon terlihat tinggi Reviewed by Sunarto Wibisono on June 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.